Hadits Tentang Motivasi Belajar

Jumat, 28 Januari 20110 komentar

“Dari Abuddarda’ ra. Ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Keutamaan orang yang berilmu terhadap orang yang (ahli) beribadah, ibarat keistimewaan bulan terhadap seluruh bintang. Dan sesungguhnya para ulama itu adalah yang mewarisi para Nabi. Dan bahwa para Nabi itu tidak mewariskan uang dinar, tidak pula uang dirham. Mereka (para Nabi) itu hanyalah mewariskan ilmu pengetahuan. Maka siapa saja yang mengambil ilmu itu, berarti ia telah mengambil bagian yang (banyak) sempurna.” (HR. Abu Daud, at Tarmudzi dan Ibnu Majah)


Hadîts riwayat Abu Daud, At-Turmudzi dan Ibnu Majah ini menjelaskan keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan orang yang (ahli) beribadah diibaratkan seperti keutamaan bulan dibandingkan dengan keutamaan seluruh bintang-bintang. Hal ini dapat kita saksikan jika malam hari telah tiba di langit terdapat bulan dan juga bintang-bintang, maka bintang-bintang yang sebanyak itu tidak dapat memberi sinar yang menerangi bumi kita ini. Berbeda dengan bulan apalagi bulan purnama yang sinarnya dapat dinikmati seluruh umat manusia dipermukaan bumi ini. Orang yang berilmu dapat memberikan sinar cemerlang bagi orang-orang yang ada disekitarnya. Yaitu berupa keterangan-keterangan, nasihat-nasihat serta saran-saran yang sangat berharga bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Orang yang ahli ibadah tanpa didasari dengan ilmu kemungkinan ibadahnya itu tidak benar dan tidak dapat diterima di sisi Allah SWT. Selain itu orang tersebut tidak dapat memberikan keterangan-keterangan yang diperlukan mengenai apa yang ia kerjakan. Sesuai dengan sebuah syair yang sangat terkenal yang berbunyi “Setiap orang yang beramal tanpa didasari dengan ilmu maka amalan-amalannya itu ditolak dan tidak diterima (di sisi Allah SWT)”.1]

Dari uraian hadîts tersebut diatas, dapat kita simpulkan bahwa ilmu merupakan hal yang sangat penting untuk dituntut. Karena manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk kepentingan orang banyak dan bahkan untuk kemaslahatan umat. Sebagai Muslim kita juga didorong untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sebagaimana dikemukakan dalam Al-Qur’ân surah Yûnus Ayat 101 : …”Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi”… Yang mana kandungan surahnya adalah : Adanya langit dan bumi serta segala isinya merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Kita harus memikirkan bahwa semua itu adalah sarana untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khairul umam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger